Berita

Tutup Rakernas 2024, Menag Ingin Rakernas Jadi Pijakan dalam Menjalankan Program

Selasa, 6 Pebruari 2024 16:58 WIB
  • Share this on:

Sawahlunto, Humas-Memasuki hari kedua, Selasa (6/1), Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia Tahun 2024 sejak pagi sampai malam penutupan berjalan lancar. Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Sawahlunto H. Dedi Wandra bersama Kasubag TU, Kasi, Kepala KUA dan Kepala madrasah hadir mengikuti rakernas tersebut secara daring (virtual zoom) sampai selesai seperti sehari sebelumnya  di Aula Kantor Kemenag Kota Sawahlunto.

Kakankemenag Dedi berharap, pejabat di jajarannya dapat mengambil poin-poin penting pada rakernas sebagai referensi dalam menjalankan tugas selaku ASN. Selain pemateri dari berbagai kementerian/lembaga terkait termasuk Ombudsman, rakernas hari terakhir ini langsung dihadiri Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas.Selaku narasumber  MenPAN RB menyampaikan, Kemenag memiliki peran penting dalam mendukung berjalannya Reformasi Birokrasi Tematik.   Peran Kemenag dalam mendukung tercapainya RB Tematik kata Anas, terlihat pada sejumlah area yang menjadi fokus utama RB Tematik. “Kalau Kemenag terus berbenah maka dampak ke masyarakatnya akan sangat besar,” ujarnya. Anas menambahkan, penggunaan teknologi digital, efisiensi proses dan peningkatan akuntabilitas merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik. "Saya mengapresiasi langkah Kemenag yang berhasil menyatukan ribuan aplikasi menjadi satu aplikasi, saya harap, digitalisasi di Kemenag dapat terus diperkuat untuk meningkatkan layanan pemerintah di bidang agama,” tuturnya. Ia pun menekankan, meski SPBE menjadi kunci penyelenggaraan pemerintahan digital bukan berarti inovasi sama dengan membangun aplikasi baru. 

Menurutnya pengguna aplikasi tentu akan lebih dimudahkan jika pemerintah bisa membuat satu aplikasi yang menyediakan seluruh layanan. "Digitalisasi buka soal teknologi melainkan komitmen," pungkasnya. Usai paparan materi disertai tanya jawab, rakernas dilanjutkan dengan sidang komisi. "Saya tidak perlu banyak program tetapi program itu lebih banyak dirasakan masyarakat," tegas Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menutup secara resmi Rakernas Kemenag RI yang diadakan di Gumaya Tower Hotel Semarang, Jawa Tengah.

HK HARI INI

Editor:
Rifki Aulia Jutiza
Kontributor:
Zulfahmi
Penulis:
Zulfahmi
Fotografer:
Rifki Aulia Jutiza

Kalender

Oktober 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -